Skip to content
Desember 3, 2011 / dwipies135

Candi Pari – Candi Sumur…Ironi Negeri Loh Jinawi

“When you see familiar faces
But you don’t remember where they’re from
Could you be wrong?
When you’ve been particular places
That you know you’ve never been before
Can you be sure?
‘Cause you know this has happened before
And you know that this moment in time is for real
And you know when you feel déjà-vu”
(Deja-Vu by Iron Maiden)

Candi Pari 1
Feel Like I’ve Been Here Before..Feel Like I’ve Been Here Before

Panas saat bergelut kemacetan puarah selama perjalanan ke Candi Pari dan Candi Sumur terbayar lunas. Butir keringat di jacket dan helm saat melintas Porong, Sidoarjo diganti dengan angin sepoi2 di area candi..mbuh ngantuk gara-2 angin yang semilir atau karena kekenyangan..Gimana tidak ?! baru sarapan nasi pecel madiun,oleh Babe Sawi, sang guide amatiran nan tua, dilanjut jadongan rujak cingur..dijamin langsung overload…xixixi😀😀

Candi Pari 2
Candi Pari..Sendiri Dalam Kebisuan Sejarah

Candi Pari dan Candi Sumur konon berhubungan erat dengan legenda Joko Pandelegan, dibangun pada masa kejayaan Raja Hayam Wuruk. Kedua candi ini mempunyai bentuk yang berbeda, Candi Pari berbentuk tambun karena adanya pengaruh dari Champa (Thailand) sana, sedang Candi Sumur sangat khas Majapahit yang ramping dan tinggi. Dan dibangun sebagai manifestasi rasa syukur akan loh jinawi-nya negeri ini. Karena rasa syukur dan penghormatan pada alam inilah yang sebenarnya membuat manusia bisa survive di bumi..Jok rakus bin tamak laagh ndak bumi-ne rusak ndak dipindah urip nang mBulan mengko..sing jelas umbal-e ae luarang !!!

BMW dan Candi Pari
Intip-intip dibalik BMW

Karena kesuburan dan olah pertanian yang lebih berhasil, sampai-sampai ketersediaan bahan makanan pokok Kerajaan Majapahit disupport oleh daerah ini. Bahkan menyelamatkan Kerajaan Majapahit dari bencana kelaparan yang sedang menghantam.Terus piye ngangkute..?Sepiro gede gerobag-e? Piro akeh-e? Yooogh..Lha wong secara distribusi menuju Kerajaan Majapahit di Trowulan sono tinggal lewat sungai kok…beres kan…Sudah murah ditambah gak perlu khawatir ada pungli di jembatan timbang, kena tilang, macet dkk.. malah isok ngintip mbak-2 sing padha umbah-umbah sekalian sing lagi padha adus..joss!!xixixi :mrgreen: :mrgreen:

Candi Sumur 1
Candi Sumur…Bentuk Khas : Tinggi dan Ramping..nan Sexy

Dhess..Ketahanan, kemapanan dan swasembada pangan ternyata sudah sedemikian jauh dipikirkan dan diterapkan sejak zaman Majapahit dulu. Pangan bukan cuma masalah pertanian thok harus dilihat secara terpadu..disitu ada managemen stock logistik atau managemen distribusi, managemen produksi dan keekonomian, ada pengayaan atau rekayasa genetik, dan industri supporting lainnya.
Opo yoogh wajar sampek import garam meskipun sebagai negeri kepulauan yang punya garis pantai panjang, import gula meskipun sebenarnya sudah sangat pengalaman dalam indusri gula sejak zaman tanam paksa Belanda dulu, import beras meskipun disebut sebut sebagai negeri zamrud khatulistiwa yang loh jinawi… :sad: 😦
Kalo cuma kebijakan pragmatis seperti itu,dhewe-dhewe yoogh isok!! Dan ntar akan aku bangun candi kolonel Sanders, patung Yingluck Shinawatra..eits kalo yang terakhir ini jangan patung ding..mending boneka getar saja..xixixi :mrgreen: :mrgreen:

Yoogh jangan sampai keberadaan Candi Pari dan Sumur ini malah jadi prasasti deja-vu kegagalan bangsa ini dalam pengelolaan pangan..Dicopy  Mas Bro..?!

  1. damhar / Des 3 2011 5:33 pm

    mantep nda!
    Dulu sugih pari,skrg sugih abab,alias sugih wong kakean cangkem..
    Sesuk bkl ono candi abab!

    • dwipies135 / Des 3 2011 5:46 pm

      Candi abab golek ane uangel..piyeegh arep touring..

      pusakaning dwi pujangga nyawiji

  2. eriko / Des 5 2011 11:29 am

    Candine gak iso gawe golek duwit
    mending buka iki cak…
    http://cari-rizqi.blogspot.com

    • dwipies135 / Des 5 2011 1:27 pm

      Yoogh sesuk2 tak gawe postingan candi niaga, candi mandiri, candi lippo..xixixi

      pusakaning dwi pujangga nyawiji

  3. joe / Des 8 2011 8:30 am

    kuwi gambar candi bajaj ta…?

    =======================================
    health news up date :
    smoking for your health, read more at http://sl1mm1ngtea.blogspot.com
    =======================================

    • dwipies135 / Des 8 2011 2:34 pm

      Hush..trus siapa juru kuncin..

      pusakaning dwi pujangga nyawiji

  4. Sutiyono Haryo / Des 25 2011 2:27 am

    Stand and fight
    Live by your heart
    Always one more try
    I’m not afraid to die
    Stand and fight
    Say what you feel
    Born with a heart of steel

    (Heart of Steel by Manowar)

    • dwipies135 / Des 25 2011 5:48 am

      Byuh..byuh..isok isok dadi blog lirik2 lagu kie…😀

      pusakaning dwi pujangga nyawiji

  5. gede bagiarta / Des 27 2011 12:19 am

    opoo nang kono kok nggak ono candi sawi,candi telo utowo candi jagung? padahal wong saiki akeh sing melarat,kadang2 mangan telo,jagung gawe nyambung urip

    • dwipies135 / Des 27 2011 5:25 pm

      Saiki jaman ne candi helm karet bro..wkwkwk :D:

      pusakaning dwi pujangga nyawiji

  6. Retno / Jan 7 2012 9:00 pm

    Two thumbs up… Makasih infonya sangat membantu. Lebih oke lagi kalo di barengi info di tempat2 bersejarah lain di kerajaan Majapahit berikut legenda di balik tempat tsb.

    • dwipies135 / Jan 8 2012 1:06 pm

      Thanks kunjungannya.. Scr legenda bnrnya dah byk yg nyinggung..dan takutnya jd rancu antara fakta otentik vs legenda..yaaagh mencoba melihat ‘cerita’ dibalik cerita…😀

      pusakaning dwi pujangga nyawiji

  7. Putri 'pooh' / Nov 18 2012 11:47 pm

    Q cuma bs komen, lanjut nulis yah mas . Q tunggu artikel” mas slanjutnya . Keep ur spirit bro (n_n)v

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: